Kontrasepsi Vaksetomi Pria di Soko Rendah?

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kepersetaan kaum pria di Kecamatan Soko terhadap kontrasepsi Metode Operasi Pria (MOP) atau vaksetomi terbilang rendah. Bahkan, dibanding metode kontrasepsi lainnya, pengguna MOP dipastikan paling rendah.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, sesuai data Keluarga Berencana (KB) aktif di Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Soko tercatat ada 15 orang. Data tersebut merupakan akumulasi dari beberapa tahun hingga saat ini.

Sementara itu, beberapa macam metode kontrasepsi diantaranya Intra Uterine Device (IUD), Metode Operasi Pria (MOP), Metode Operasi Wanita (MOW), Suntik, Pil dan Kondom. Dari keseluruhan metode kontrasepsi yang digunakan akseptor KB aktif di Kecamatan Soko tercatat 11.723 peserta.

"Kebanyakan sang istri yang tidak memberi izin. Sebab, ditakutkan disalahgunakan," kata Koordinator PLKB Kecamatan Soko, Suwito, Rabu (5/10/2016).

Menurut Suwito, program KB bagi pasangan berumah tangga apapun metodenya sudah dapat dilakukan dengan cara mudah. Selain itu, program KB pada tingkat desa sudah terdapat bidan ataupun kader kesehatan yang berkaitan. [dwi/rom]