Masa Panen, Harga Kacang Hijau di Soko Turun

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah petani di dataran rendah seperti di Kecamatan Soko saat ini tengah memanen kacang hijau. Harga jual kacang hijau dari petani yang pada awal panen lalu mencapai Rp10.000, saat ini cenderung menurun hingga menyentuh harga 8.500 per kilogram.

Musim kemarau basah mempengaruhi hasil panen kali ini. Tidak jarang, tanaman kacang hijau terserang hama ulat yang mengakibatkan hasil panen tidak maksimal.

Salah seorang pengepul kacang hijau, Kunindar mengatakan, pada awal September harga kacang hijau sempat mencapai Rp10.000 per kilogram.

"Sekarang harga per kilogram mencapai Rp8.500 hingga Rp9.000," kata Kunindar, Senin (26/9/2016).

Sementara itu, salah seorang petani, Suji kepada blokTuban.com mengaku bersyukur meski harga turun. Sebab sebagian petani yang menanam kacang hijau bahkan bernasib tidak lebih baik darinya.

Setiap kali mendapat hasil panen kacang hijau bersih, tanpa kulit, ia bawa dan dijual ke pengepul. Lantaran tidak bisa panen serentak, ia sempat merasakan harga jual per kilogram Rp10.000.

Sekarang ia kembali membawa 24 kilogram kacang hijau untuk dijual. Lantaran harga menurun per kilogram kacang hijau miliknya dihargai Rp8.500.

"Alhamdulillah masih bisa panen, yang tidak bisa panen ya banyak," ujar Suji sambil menerima Rp204.000 hasil transaksi kacang hijau.[dwi/col]