Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sekelompok pemuda yang tergabung dalam pecinta lingkungan, pula berada di bawah naungan perusahaan yang bergerak di bidang jasa akses tali dan vertical rescue industri, akan membersihkan sampah yang tersangkut tepat di bawah jembatan antara perbatasan Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.

Jembatan Glendeng begitu sebagian orang menyebut, menjadi tempat sampah bersarang. Pasalnya selain sampah sengaja dibuang tepat di bawah jembatan, sampah juga datang dari hulu aliran sungai bengawan solo tersebut.

"Kebetulan kita mencoba eksis di bidang sosial semacam CSR yang mengkhususkan di bidang vertical rescue, yang kita identitaskan dangan nama Ronggolawe Rescue Team (RRT)," kata salah seorang personil RRT Cucuk Widiarto kepada blokTuban.com.

Ia mengaku sebelumnya sempat melintas di jembatan tepat di jalur antar provinsi tersebut nampak berbagai sampah tersangkut di kontruksi besi penyangga jembatan. Kemudian muncul inisiatif dalam waktu dekat untuk aksi sosial dengan pembersihan sampah.

"Kami akan memakai metode rope acsess atau akses tali. Karena hanya dangan metode akses tali tesebut akan lebih efektif dan aman," terang Cucuk menambahkan.

Jika sampah tesebut tidak dibersihkan, lanjut Cucuk secara kontruksi akan mempercepat terjadinya korosif atau merusak besi penyangga jembatan.

"Pastinya ini akan jadi kegiatan just fun," tandas Cucuk.[dwi/ito]