Kafilah Senori, Juara Umum MTQ XXVII Kabupaten Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Utusan (Kafilah) Kecamatan Senori sabet Juara Umum dalam Perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVII tingkat Kabupaten Tuban 2016. Pembacaan pengumuman tersebut diumumkan oleh pihak panitia MTQ XXVII Kabupaten Tuban di Alun-Alun Tuban pada Senin (19/9/2016) pukul 21:00 WIB sampai dengan selesai.

Pada perlombaan MTQ dalam pembukaannya (de ville) dimulai hari Sabtu malam (17-19 September ). Adupun serangkaian perlombaan diramaikan dengan pawai ta'arruf yang diikuti kafilah dari 20 kecamatan di Kabuten Tuban.

Kecamatan Senori sendiri memberangkatkan 24 kafilah dan 7 official untuk mengikuti perlombaan seni baca Alquran ( tilawah), hafalan Alquran, cerdas cermat (fahmil), puitisasi, karya ilmiah (makalah), dan penulisan/khaligrafi (khat).

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Camat Senori, Eko Julianto merasa bangga atas prestasi Kafilah Senori. Pihaknya juga menyatakan, prestasi tersebut tidak lepas dari sinergi yang baik semua pihak. Sehingga seluruh potensi yang dimiliki Senori dapat ditampilkan.

"Harapan ke depan tentu kami ingin mempertahankan status juara umum" ujar Camat muda itu.

Terpisah, Ketua Dewan Hakim MTQ XXVII Tuban, M.Amenan saat dikonfirmasi melalui pesan singkat menegaskan, perolehan juara tersebut dari data salinan kepanitiaan MTQ XXVII tingkat Kabupaten Tuban, atas perolehan nilai keseluruhan kafilah dari 20 kecamatan.

"Menempatkan Senori di urutan pertama dengan nilai 65 poin, di urutan kedua Kecamatan Palang dengan nilai 45 poin, dan diurutan ketiga Kecamatan Jenu dengan nilai 33 poin," paparnya.

Lanjut Amenan, sapaan akrabnya menambahkan, setelah menggelar di tingkat kabupaten, tim panitia akan mempersiapkan ke tingkat provinsi. Mekanismenya, yang akan akan diikutkan MTQ tingkat provinsi adalah semua juara 1 MTQ tahun sekarang (2016) dan ditambah para juara 1 MTQ  tahun 2014. Dengan ketentuan, akan dilakukan seleksi akhir oleh tim pembina setelah dilakukan massa pembinaan.

"Siapa yang paling layak, akan didelegasikan ke provinsi mewakili Kabupaten Tuban," pungkasnya. [rof/col]