Desa Pandanwangi Jadi Sentra Industri Sangkar Burung di Soko

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Geliat industri di Desa Pandanwangi menjadi sentra kerajinan sangkar burung di Kecamatan Soko. Hal tersebut nampak pada banyaknya jumlah pengerajin mencapai ratusan lebih yang tersebar pada satu desa.

Data Kecamatan Soko pada tahun 2013, jumlah pengerajin sangkar dari Desa Pandanwangi tercatat 168 orang. Sementara pada 2014 menurun sekitar 20 persen menjadi 134 orang yang menggeluti usaha kerajinan sangkar burung.

"Kreatifitas warga Desa Pandanwangi bagus, berbahan limbah kayu jati dapat dijadikan produk bernilai ekonomi cukup tinggi," kata Sekretaris Camat Soko, Eko Suhartadi.

Penyerapan tenaga kerja selama dari tahun 2013 dan 2014 terbilang cukup tinggi. Pada tahun 2013 tenaga kerja yang terserap pada pembuatan kerajinan sangkar burung mencapai 197 dan tahun 2014 menyerap 134 tenaga kerja.

Sangkar burung produksi warga Desa Pandan wangi tersebut sudah dipasarkan di beberapa daerah di sekitar Tuban. Produksi sangkar dalam satu minggu mencapai ratusan baik sangkar kasar atau belum diperhalus dan sangkar halusan.[dwi/ito]