INKANAS Tuban: Keterampilan Bela Diri Membentuk Kepribadian Disiplin

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Setelah ditetapkannya Lembaga Karate Inkanas (Institut Karate-Do Nasional) secara resmi di Polres Tuban maka dipilih hari Sabtu menjadi agenda rutin latihan bersama anggota Polres Tuban. Selain hari Sabtu, juga akan diadakan latihan rutin setiap hari Rabu untuk anggota Polsek se-Kabupaten Tuban. Sesuai rencana, setiap Polsek wajib mengirimkan lima anggotanya untuk mengikuti latihan karate tersebut.

Ketua Harian Cabang Inkanas Tuban, Suwanto, mengatakan Inkanas Tuban sangat mengapresiasi langkah-langkah Kapolres Tuban dalam pembekalan anggotanya. Selain itu langkah awal ini diharapkan bisa menjadi stimulan menggeliatnya minat masyarakat Tuban untuk ikut berprestasi bersama Inkanas Tuban. Penetapan Inkanae sebagai lembaga resmi Karate di Kepolisian adalah bukti kepercayaan yang kuat terhadap kemampuan dan prestasi  yang dicapainya.

Untuk mensukseskan latihan karate anggota kepolisian tersebut, Inkanas telah menyiapkan setidaknya 15 Sensei pilihan dari MSH (Majelis Sabuk Hitam) yang dimilikinya untuk melatih dan membimbing kohe-kohenya di kepolisian Polres Tuban.

"Dengan persiapan yang  maksimal ini diharapkan latihan yang akan rutin dilaksanakan bisa berjalan sukses dan sesuai harapan" kata Suwanto kepada blokTuban.com.

Sekretaris Inkanas Tuban, Anang Wibisono menegaskan, Inkanas adalah lembaga karate terbesar di Kabupaten Tuban dan tersebar luas di lembaga pendidikan baik SD/MI, SMP,SMA/SMK  dan Koramil di Kabupaten Tuban. Bahkan di Kampus Unirow Tuban pun telah ada Inkanae sejak tahun 2006 dan banyak mengharumkan nama Tuban di kejuaraan daerah maupun Nasional.

"Kebanyakan karate Inkanas diminati para pelajar mulai tingkat SD sampai SMA karena selain bisa membekali keterampilan bela diri, membentuk kepribadian yang disiplin juga peningkatan prestasi para pelajar yang dapat mengharumkan nama lembaganya masing-masing," tegasnya.

Terpisah, Hendrik Utomo, selaku Pembina Cabang Inkanas Kabupaten Tuban menegaskan latihan karate bertujuan untuk menempa diri menjadi pribadi yang disiplin dan berkepribadian yang kokoh.

"Di Karate dilatih berkelahi bukan untuk menjadi petarung, tetapi lebih pada penguasaan diri dan terapan kedisplinan dalam melaksanakan tugas Negara," pungkasnya. [rof/col]