Tuntut Transparansi, Mahasiswa Demo Birokrasi Kampus Stitma

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim ( Stitma) Tuban mendemo birokrasi kampus terkait transparansi anggaran, Senin (5/9/2016).

Salah seorang koordinator lapangan, Habib Mustafa mengatakan demo yang digelar kali ini berlandaskan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Hal ini menjadi kajian oleh aliansi mahasiswa Stitma terkait tidak adanya transparansi anggaran, juga tidak adanya peraturan atau kebijakan yang jelas," terang Habib.

Sementara itu, Ketua III (tiga) Bagian Kemahasiswaan, Syofina Yunus menanggapi tuntutan mahasiswa yang melakukan demonstrasi tersebut dengan menawarkan pertemuan tatap muka. Karena, menurutnya tidak akan ada titik temu tanpa dilakukan dialog bersama.

"Sebelumnya tidak ada pemberitahuan akan ada demonstransi. Jadi tidak bisa ditemui ketua dan kami tidak mempersiapkan apa yang diminta dari demo mahasiswa," kata Sofyan.

Dalam aksi demonstrasi tersebut terus disuarakan tuntutan transparansi anggaran kemahasiswaan. Bahkan jika ketidak jelasan terus berlanjut, mahasiswa menuntut diturunkannya Ketua III lantaran ketidakmampuan menjalankan tugas.

Sebuah aktraksi turut ditampilkan selama aksi berlangsung. Sejumlah mahasiswa berperan menjadi jajaran birokrasi kemudian terdapat pula mahasiswa memperagakan betapa sulitnya mengajukan dana kemahasiswaan yang berulang kali ditolak.[dwi/col]