Melihat Aktivitas Perempuan Petugas Kebersihan Jalan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Terlihat sesosok perempuan tertunduk malu saat datang menghampirinya untuk menanyakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Miyatun namanya, merupakan warga Desa Tegal Agung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Perempuan ini Setiap harinya selalu membersihkan jalan-jalan yang ada di Kota Tuban, sebab dia bekerja di Dinas Pekerjaan Umum di bagian kebersihan. Maka tak heran sapu lidi sebagai teman kerja selalu menemaninya setiap pagi.

Perempuan 38 tahun itu mulai melakukan aktivitasnya pukul 05.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Waktu yang tidak sedikit bagi seorang perempuan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Terlebih di sela-sela waktu tersebut dia harus bisa mencuri waktu untuk mengantar anaknya yang masih duduk di bangku sekolah.

"Mulai nyapu di jalan-jalan dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, hanya untuk setiap jalan yang berada di Kota," ungkapnya sambil tertunduk kepada blokTuban.com (Selasa, 30/8/2016)

Perempuan tiga anak tersebut sangat gigih dalam menjalani kegiatan sehari-harinya sebagai petugas kebersihan jalan, yang senantiasa membersihkan daun-daun pohon yang jatuh ataupun sampah yang bertebaran di jalan, seperti di jalan Pramuka.

Dapat dibayangkan apa jadinya jika sepanjang ruas jalan yang ada di kota ini tanpa perempuan seperti Miyatun, bisa dipastikan bahwa sampah yang ada di jalan akan menjadikan pemandangan yang kumuh dan tidak enak dipandang.

"Pekerjaan ini harus dijalani dengan ikhlas, karena mau bagaimana lagi ini sudah menjadi kewajiban sehari-hari," pungkasnya.[nok/ito]