Pertumbuhan Kredit Usaha di Tuban Meningkat Tiap Tahun

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pertumbuhan kredit, terutama Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Tuban terbilang meningkat setiap tahunnya. Terlebih fasilitas pelayanan penyaluran KUR dapat diperoleh dari beberapa perbankan milik pemerintah.

Pimpinan Bank Mandiri Cabang Tuban, Tri Cahyo mengatakan, penyaluran kredit yang berbasis usaha kerakyatan dapat dipastikan meningkat setiap tahunnya.

"Pertumbuhan penyaluran kredit sepanjang tahun mencapai 15 hingga 25 persen di semua sektor," ujarnya kepada blokTuban.com.

Sementara itu, keterangan dari Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tuban, David Djoko A, penyaluran KUR dibagi dua pada perbankan yang ia pimpin, yaitu ritel dan mikro. Kredit mikro seperti diektahui penyaluran maksimal mencapai Rp25 juta, sementara KUR ritel diatas mirko yakni mencapai Rp500 juta.

"Pertumbuhan KUR Ritel luar biasa untuk saat ini, pada akhir Desamber 2016 ditargetkan sekitar Rp25 miliar, namun sampai saat ini sudah melampaui dengan pencapain Rp33 miliar," kata David.

Hal serupa pula terjadi pada penyaluran KUR Mikro. Dari target yang dipasang dari sisi Outstanding Loan atau jumlah penyaluran dana kredit telah menyalurkan kredit sekitar Rp175 miliar dari target awal yaitu Rp245 miliar. [dwi/rom]