Pemerintan Kecamatan Soko Gelar Pameran Pembangunan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pameran pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71 berlangsung di Lapangan Desa/Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Pameran resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Farid Achmasi, Jumat (19/8/2016).

Terdapat sekitar 62 stan yang turut memeriahkan pameran pembangunan yang pertama kali diadakan di Kecamatan Soko tersebut. Stan yang ada merupakan kreasi dari masing-masing desa, gugus lembaga pendidikan dan kelompok masyarakat lainnya di Kecamatan Soko.

"Dari 62 stand, tentunya diharapkan ada produk unggulan yang bisa ditampilkan Kecamatan Soko menjadi komoditas unggulan bagi Kabupaten Tuban," kata Farid.

Setelah pemotongan pita secara simbolis, pameran dinyatakan dibuka selama dua hari ke depan. Hampir semua stan berisi produk unggulan dari masing-masing desa. Terlihat beberapa stand menampilkan hasil pertanian baik organik maupun non organik, kerajinan olahan limbah palstik ataupun kayu dan berbagai olahan makanan dan minuman.

Sementara itu, Ketua Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN), Eko Suhartadi mengatakan terlaksananya pameran begitu tergantung dari peran serta masyarakat. Sebab setiap desa diharapkan menampilkan produk utama mereka.

"Pameran diselenggarakan pertama kali oleh Pemerintah Kecamatan Soko untuk menemukan potensi ekonomi dan budaya yang bisa dikembangkan di Kecamatan Soko," katanya.

Ia mengharapkan pameran serupa dapat terlaksana setiap tahunnya, bahkan bisa meningkat. Hal tersebut dilakukan sesuai moto pemerintah melalui gerakan 'One Agency, One Innovation' yang artinya 'Satu Instansi, Satu Inovasi'.[dwi/col]