Menengok Industri Gerabah di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah sentra produksi gerabah di Bumi Wali sebutan kota Tuban. Industri jenis rumahan ini sangat mudah kita temui di wilayah tersebut.

Seperti yang dilakukan Indarti (33), dia mengaku sudah 10 tahun bekerja sebagai pembuat alat rumah tangga yang berbahan dasar tanah liat itu.

"Ini pekerjaan saya sejak muda dulu, sampai sekarang masih saya tekuni," ujar Indarti saat ditemui blokTuban.com, Jumat (19/8/2016)

Tumpukan kuali di depan rumah yang berada di RT 04 RW 03 Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding itu membuktikan adanya produksi rumahan wadah ikan dari tanah tersebut.

"Hasilnya diambil para tengkulak, jadi mereka sendiri yang datang," imbuh ibu tiga anak ini.

Terpisah, hal sama juga dilontarkan Sumiati (51) ketika membakar gerabah yang dibuatnya. Menurutnya produksi gerabah sudah menjadi mata pencahariaan sehari-hari. Ilmu tersebut ia dapatkan secara turun temurun.

"Kalau sekarang sudah mulai berkurang, generasi penerus mulai enggan melanjutkan usaha ini," tutur Sumiati.

Menurutnya, justru sekarang yang banyak belajar adalah anak-anak sekolah di kota-kota. Terbukti beberapa kali ia terima kunjungan dari berbagai sekolah di Kabupaten Tuban.

"Mulai dari tingkat TK hingga SMA yang berkunjung kemari," tandasnya.

Sumiati merasa cukup senang masih ada yang peduli dan mau menyerap ilmunya.[rof/col]