30 Regu Tampilkan Adat Budaya Nusantara

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia  menggelar pawai budaya, Senin (15/8/2016).

Pawai diikuti sekitar 30 regu dari pelajar tingkat SMP, SMA, SMK sederajat, dan dimulai dari jalan protokol depan kantor Bupati Kabupaten Tuban. Tiap regu mengusung adat budaya nusantara.

"Ada 30 regu yang mengikuti pawai dalam melestarikan budaya adi luhung nusantara," kata salah seorang panitia pawai," Nur Khamid.

Dari pantauan blokTuban.com, setiap regu dari masing-masing sekolah mengusung tema berbeda-beda dan menyampaikan informasi terkait budaya yang dibawakan. Berbagai adat dari beberapa provinsi di Indonesia turut ditampilkan dari Sabang hingga Merauke.

Pawai budaya yang disuguhkan merepresentasikan kebiasaan suku adat, seperti tarian dan cerita yang melegenda asal budaya tersebut. Selain itu, budaya kontemporer yang mengembangkan unsur batik dan budaya itu sendiri dengan unsur modern turut memeriahkan pawai.

Nantinya, grup pawai diarak melewati jalan protokol hingga tengah kota, yakni dari Jalan RA Kartini, Jalan Veteran, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Sunan Kalijaga dan berakhir di pelataran Gor Rangga Jaya Anoraga. [dwi/rom]