Target Produksi Garam di Tuban 30 Ribu Ton

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, menargetkan poduksi garam di Bumi Wali sebanyak 30 ribu ton di tahun 2016.

Target ini dibuat, karena di tahun 2015 produksi garam di Tuban bisa mencapai 29 ribu ton. Dari total lahan produksi garam seluas 275 hektar. Lahan produksi garam di Tuban tersebat di Desa Pliwetan, Kecamatan Palang, dan juga di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tambakboyo.

"Tahun ini target kami adalah 30 ribu ton per tahun," jelas Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto, Jumat (12/8/2016).

Pemkab Tuban sendiri, tengah mengusahakan agar kualitas garam di Tuban terus meningkat. Saat ini, kualitas garam yang dihasilkan petani masih grade (tingkat) tiga, dan sedang diusahakan agar petani bisa meningkatkan kualitas garam dengan grade 2. Demi mendongkrak harga jual garam di Tuban.

Proses produksi mempengaruhi kualitas garam. Biasanya proses pengkristalan garam yang dilakukan hanya 7 hari, sementara proses pengkristalan dengan kualitas bagus minimal dilakukan selama 10 hari.

"Harga garam kita masih rendah karena kualitas masih grade 3, yakni Rp300 perkilogram. Kalau bisa grade 2 harga garam bisa mencapai Rp550 perkilogram," jelas Sunarto. [pur/ito]