September, Jalan Rusak di Kenduruan Diperbaiki

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Kondisi menprihatinkan terjadi pada jalan poros kecamatan Kenduruan. Jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Jatirogo dengan Kecamatan Kenduruan di Kabupaten Tuban ini membuat pengunda jalan tak nyaman. Kerusakan tersebut diantaranya terlihat sepanjang jalan desa Sidohasri tepatnya di Dusun Sikut, Tanjungrejo, dan Bugel.

Jalan sepanjang kurang lebih 5 Km itu dipenuhi banyak lubang berbagai ukuran. Sehingga membahayakan para pengendara yang hendak melintas. Belum lagi ketika turun hujan, lubang tak kelihatan karena badan jalan dikubangi air dari pemukiman warga.

Tini (47) warga Sikut, Desa Sidohasri pemilik warung disekitar jalan Sikut mengungkapkan, akibat lubang jalan yang berada di depan warungnya tersebut, beberapa pengendara mengalami kecelakaan karena berebut jalan yang masih mulus. Walaupun hanya luka lecet namun sudah tidak terhitung korbannya selama enam bulan terakhir.

“Kebanyakan terjadi saat malam hari, kondisi jalan yang minim penerangan turut menyumbang angka kecelakaan di sepanjang jalan ini,” ujar Tini kepada blokTuban.com, Kamis (11/8/2016) siang.

Pihaknya juga meminta agar pemerintah segera menangani akses utama menuju kota Kecamatan kenduruan ini. Agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan karena rebutan jalan.

Hal yang sama disampaikan Fauzi (51) pengguna jalan asal Sarang, Rembang, Jawa Tengah yang hendak ke Kenduruan menuturkan, pengguna jalan selalu was-was ketika melintas di sepanjang jalan tersebut. Menurut dia sudah waktunya jalur penunjang ekonomi warga ini segera ditangani.

“Jalan poros ini secepatnya lah untuk diperbaiki, karena merupakan akses utama perputaran ekonomi warga,” ujar Fauzi.

Sementara itu, kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kecamatan Kenduruan, Rochmad ketika dikonfirmasi terkait banyaknya kerusakan jalan poros Kecamatan Kenduruan, meminta warganya untuk bersabar. Upaya penanganan sudah dilakukan, pihaknya menambal sulam lubang yang sudah parah dengan menggunakan pedel.

“Masyarakat harus tetap hati-hati, Insyaallah bulan September akan kita kerjakan pembetulan jalan tersebut,” jelas PNS asal Montong ini.[rof/ito]