Sebulan Jelang Idul Adha, Harga Sapi-Kambing Masih Stabil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Harga hewan keperluan kurban di Pasar Hewan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur satu bulan menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyyah/ 2016 Masehi masih relatif stabil. Diperkirakan kenaikan harga akan terjadi dua pekan terakhir menjelang perayaan yang dianut umat muslim ini.

Seperti yang dilontarkan Prawihadi (53) seorang polangan (penjual sapi) asal Sarang, Rembang, Jawa Tengah ini. Dia hari ini membawa dua sapi jenis Brahma yang dijual untuk para pemburu hewan kurban dari berbagai daerah. Menurutnya tidak ada kenaikan harga yang melejit pada bulan Agustus ini.

“Dua sapi saya tadi laku Rp14 dan Rp16 juta berumur sekitar dua belas bulan,” terang pria yang akrab disapa Hadi itu.

Sementara itu, untuk harga kambing jenis gibas berada di angka Rp2 juta untuk yang sudah Kowel (siap kurban), hal ini disampaikan Sarpin (69) pembeli asal Sale, Rembang, Jawa Tengah. “Kambing ini sudah siap potong nantinya untuk dijual lagi di daerah saya,” ungkap kakek tua ini.

Sedangkan untuk harga kambing jenis Jawa jantan berumur dua tahun, rata-rata dari harga Rp2 juta hingga Rp3 juta. Ada sedikit kenaikan kisaran Rp200.000 sampai Rp300.000.[rof/lis]