Rekayasa Lantas Sistem Satu Arah Kedua Dinilai Efektif

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Rekayasa Lalu Lintas Sistem Satu Arah (SSA) yang mulai diterapkan di Jl.Basuki Rahmat Tuban mengundang apresiasi dari pengguna jalan. Sebab jalan yang biasanya terkenal akan kemacetan kendaraan, kini kondisi arus lalu lintas di jalan tersebut mulai tampak lancar.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com uji coba penerapan jalan Sistem Satu Arah (SSA) di Jl.Basuki Rahmat sudah dilakukan selama dua kali. Untuk yang pertama arah dari timur ke barat, tepatnya mulai dari kawasan Gerdu Papak, pertigaan Jalan Veteran, sampai ke perempatan Sambong, yakni pertemuan antara Jalan Basuki Rahmat dengan Jalan KH Agus Salim dan Jalan KH. Wachid Hasyim.

Kemudian satu arah juga akan diberlakukan untuk rute kendaraan dari barat ke timur, yakni dari perempatan kembang ijo sampai ke perempatan Sambong. Sehingga, baik kendaraan dari arah timur dan juga dari arah barat akan bertemu di perempatan Sambong lalu diurai di Jalan KH Agus Salim dan Jalan KH Wachid Hasyim. Namun Uji yang pertama ini dianggapnya belum dapat mencari solusi yang tepat, sehingga dilakukan Uji coba kedua dijalan yang sama dengan rute yang berbeda.

Uji SSA kedua yang dilakukan di Jalan Basuki Rahmat hanya dari arah timur ke barat saja, yaitu mulai dari Gerdu papak hingga sampai ke Perempatan Kembang ijo, tanpa adanya kendaraan yang melintas dari barat ke timur. Diperempatan kembang Ijo, kendaraan dari arah timur bisa mengambil arah bebas, baik ke Jl.Diponegoro, Jl.Pramuka ataupun Jl.Sunan Kalijogo.

Salah seorang Pengendara Labib, mengatakan jika Jalan Basuki Rahmat arus lalu lintasnya mulai tampak lancar semenjak diterapkan Sistem Satu Arah, sehingga kendaraan juga tidak berdesakan ataupun menumpuk akibat antrian.

"Ya bagus dengan adanya SSA ini, lalu lintas tidak macet pengendara juga merasakan nyaman," ujar salah satu pengendara asal kelurahan Karangsari.

Sementara itu, Kastlantas Polres Tuban Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dhyno Indra Setiadji, mengaku jika sudah mulai banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari penerapan Sistem Satu Arah (SSA). Berdasarkan laporan yang ada, SSA kedua ini dinilai efektif untuk mengatasi permasalahan arus lalu llintas yang terjadi di Jl.Basuki Rahmat.

"Masih dalam kajian apabila akan diterapkan, kita belum evaluasi," pungkasnya.[nok/ito]