Pagi Ini, GERAH KOBAR di JOB P-PEJ

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sekitar 2.000 warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Kamis (21/7/2016) pagi dijadwalkan menggelar aksi demonstrasi di lokasi Pad A dan B Lapangan Mudi yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ). Warga demo dengan mengatasnamakan Gerakan Rahayu: Kompensasi Bayar...! (GERAH KOBAR).

Sesuai dengan surat dengan nomor: GK/01/VII/2016 yang ditujukan ke Polsek Soko dengan tembusan Danramil Soko, Camat soko, Kepala Desa Rahayu, Ketua BPD Rahayu dan manajemen JOB P-PEJ, koordinator aksi Tarmuji menyebutkan, jika demo akan dimulai dari sekitar Balai Desa Rahayu dengan rombongan menuju ke Pad A. Jadwal yang ditulis pukul 07.00 WIB, namun pantauan di lapangan sampai hingga pukul 08.00 WIB lokasi masih sepi.

"Tuntutan utama demo tentang pencairan kompensasi akibat dampak yang ditimbulkan pengeboran Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang dioperatori JOB P-PEJ," tulis Tarmuji dalam suratnya yang dikirim ke Polsek Soko kemarin.

Dalam surat tersebut juga dicantumkan Tim Negosiator, yakni Pemerintah Desa (Pemdes) Rahayu, BPD Rahayu, Koordinator GERAH KOBAR, Tarmuji, M. Solikin dan Sa'roni. Peserta diperkirakan sekitar 2.000 warga dari berbagai dusun, mulai Kayunan, Gandu dan lain sebagainya.

"Alat peraga aksi yang disediakan mulai terop, sound system, spanduk dan lain sebagainya," jelasnya. [dwi/rom]