Mengundang Tawa, Penulisan Rambu Salah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Sebuah kesalah yang terjadi pada rambu lalu lintas bisa juga mengundang tawa, cibiran bahkan cemoohan. Hal ini terjadi pada rambu-rambu yang terpampang di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Tuban, Jawa Timur. Pasalnya, rambu di jalan yang seharusnya bertuliskan 'REST AREA KABUPATEN TUBAN 1 KILOMETER' malah ditulis 'REST AREA KABUPATEN TUBAN 1 METER'.

Intruksi yang dimaksud agar pengguna jalan bersiap-siap, karena 1 Kilometer (Km) lagi memasuki kawasan Rest area Kabupaten Tuban. Rambu tersebut tergolong baru, karena secara fisik cat, besi, dan betonnya pun masih terlihat baru. Tulisan juga sangat elas dan mencolok. Bahkan tak sedikit warga yang protes, karena kesalahan penulisan tersebut dianggap mengganggu.

"Kenapa sebelum memasang tidak diteliti dulu," ujar Sarjo (47) kepada blokTuban.com, Kamis (21/7/2016).

Menurut Sarjo, rambu yang berada di depan gudang logistik KPU Tuban ini agar secepatnya diganti. Agar tidak ada lagi pengguna jalan yang memprotes. "Secepatnya diganti lah. Agar tidak malu-maluin Dinas terkait," imbuh pengguna jalan asal Gresik, Jawa Timur ini.

Warga sekitar, Nur Kusuma (46) mengatakan, rambu tersebut sangat kurang pas. Apalagi sebelumnya juga sudah ada dua rambu lalu lintas yang terpasang. Terkesan semrawut dan kurang serius.

"Sangat mengganggu sekali," sambung pria yang sedang beraktivitas di sekitar rambu pagi ini.

Kesalahan tersebut mungkin dapat dimaafkan, ketika warga tidak perlu lagi membayar uang pajak untuk mengganti tulisan tersebut. Banyak pejalan kaki yang terdiam sejenak ketika melintas di jalan itu dan tertawa setelah membacanya. [rof/rom]