Tetap Aman dan Sehat Berlari Saat Udara Panas

Reporter: --

blokTuban.com - Anda suka olahraga lari atau berjalan kaki? Idealnya, latihan lari atau berjalan dilakukan kala udara sedang sejuk.

Tapi, di musim kemarau, kadang matahari sudah terasa terik, padahal hari masih pagi atau sudah menjelang sore. Bagaimana caranya supaya sesi latihan Anda tidak terganggu dengan udara panas? Simak tipnya berikut ini.

Minum sebelum berlatih
Hidrasi adalah kunci. Jika Anda ingin berjalan selama satu jam atau kurang di udara panas, minumlah setidaknya 200 ml air, kata D. Michael Kelly, seorang terapis fisik di Rehabilitation Novacare di Chicago.

Jika Anda ingin berlari selama lebih dari satu jam, minum setidaknya setengah liter air, 30 menit sebelum Anda mulai.

Jangan terlalu banyak minum
Hidrasi memang penting, tapi jangan berlebihan. Ada perbedaan besar antara overhidarsi dengan hidrasi yang tepat, kata Kelly. Untuk mengetahui apakah Anda sudah terhidrasi dengan benar, timbang diri sendiri sebelum dan sesudah berlatih.

"Idealnya, setelah berlatih, berat badan Anda turun, Tetapi, orang-orang yang kelebihan cairan akan mengalami penambahan berat badan," katanya.

Overhidrasi dapat menyebabkan hiponatremia atau kurangnya garam di dalam tubuh.Seharusnya, Anda kehilangan 2-5 persen dari berat badan setelah menjalani latihan lari, terutama di udara yang panas. Kadar air di dalam tubuh akan kembali seperti semula setelah Anda makan.

Biarkan keringat pada wajah Anda
Keringat adalah cara tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jika Anda menghapusnya maka Anda akan kehilangan manfaat pendinginan yang diberikan oleh keringat. Anda juga dapat menjaga suhu tubuh dengan mandi air dingin sebelum memulai latihan.

Minimalkan kontak dengan sinar matahari
Untuk menunda proses pemanasan, pakailah pakaian berwarna terang yang tidak menyerap sinar matahari. Tambahkan topi sebagai pelindung utuk menghalangi sinar matahari dan mengurangi kontak kulit Anda dengan sinarnya.

"Mengurangi kontak kulit dengan matahari berarti menunda pemanasan atau naiknya suhu tubuh," kata Kelly.

Kenakan monitor jantung
Pada hari-hari panas, Kelly merekomendasikan Anda mengenakan monitor jantung sambil berlatih. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah detak jantung Anda masih normal atau tidak.

Jika detak jantung Anda sudah di atas normal, perlambat kecepatan secara bertahap kemudian hentikan latihan.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2016/07/17/110500623/tetap.aman.dan.sehat.berlari.saat.udara.panas