Seperti Tahun Lalu, Penumpang Bus Selama Lebaran Stabil

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jumlah penumpang atau pemudik yang menggunakan jasa transportasi umum kendaraan bus, baik tahun 2015 ataupun tahun 2016 tidak mengalami perubahan yang cukup drastis alias masih stabil. Tidak seperti perbandingan jumlah kendaraan bus yang mengalami penurunan secara drastis ditahun 2016 ini, jumlah penumpang pada arus mudik idul fitri 1437 H masih tergolong stabil.

Data yang dihimpun blokTuban.com dari tanggal 2-27 Juli 2015 menyebutkan total penumpang 136.451 jiwa, dengan rincian diantaranya 60.737 penumpang dari Bus Antar kota antar provinsi (AKAP) dan 75.714 penumpang berasal dari Bus Antar kota dalam provinsi (AKDP).

Sedangkan dari tanggal 27 Juni higga 13 Juli 2016 jumlah penumpang mencapai 137.281 jiwa, dengan kalkulasi data sebagai sebagi berikut, 61.488 penumpang berasal dari Bus Antar kota antar provinsi (AKAP) dan 75.793 penumpang berasal dari Bus Antar kota dalam provinsi (AKDP).

Ka.UPTD Terminal Kambang Putih Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban Koesdiono, mengatakan meski terdapat penurunan jumlah armada bus di terminal kambang putih saat lebaran, namun jumlah penumpang masih stabil dalam hitungan instansinya.

Menurutnya, stabilnya penumpang atau pemudik saat lebaran idul fitri kemarin bergantung pada manajemen bus, sebab jumlah kendaraan bus menurun justru penumpang bisa dikategorikan stabil bahkan dalam hitungan manual mengalami kenaikan penumpang meski tidak banyak.

"Penumpangnnya mengalami kenaikan meski tidak banyak, hanya saja armada bus yang transit di terminal kambang putih saat lebaran tahun ini menurun," pungkasnya.[nok/ito]