Khutbatul Iftitah, Sebutan PLS di KMI ASSALAM Bangilan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tak hanya berlaku di Sekolah-sekolah umum, di pondok pesantren pun sudah lebih dulu melaksanakan hal itu. Pondok Pesantren Kulliyatul Muallimin Walmuallimat Al-Islamiyah ASSALAM (KMI-ASSALAM) misalnya. Di pondok ini PLS disebut dengan Khutbatul Iftitah.

“Telah menjadi sunnah Pondok Pesantren ASSALAM setiap awal tahun ajaran diadakan Khutbatul Iftitah atau khutbah perkenalan,” jelas Direktur KMI ASSALAM, KH. Yunan Jauhar dalam pidatonya membuka acara tersebut.

Dinamakan demikian, karena menyimpulkan dan menggambarkan segala sesuatu yang akan dihadapi dalam tahun yang akan datang, selama menimba ilmu di Ponpes tersebut. “Jadi ini bukan MOS dan jangan dinamakan MOS,” tandas Ustad yang juga alumni Pondok Modern Darussalam, Gontor ini.

Lebih lanjut, tujuan dari Khutbatul Iftitah sendiri, supaya santri maupun orang tua tidak salah pengertian. Sebelum berkecimpung di Pondok Pesantren ini, para santri lama dan baru harus benar-benar kenal dan bisa menikmati madunya (manfaatnya) ASSALAM.

“Agar semua santri memiliki pandangan baru terhadap Pondok ini. Dengan pandangan yang baru, timbul rasa ingin mengenal dan menyelaminya,” pungkas Putra KH Abdul Muhaimin Tamam, pendiri KMI ASSALAM Bangilan, Tuban ini. [rof/col]