Dewan Pendidikan Tuban Terjunkan Tim Pantau PLS

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban menerjunkan tiga tim untuk memantau pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di sejumlah sekolah.

"Berdasarkan pantauan kami secara keseluruhan PLS di sekolah yang kami datangi dijalankan dengan cukup baik," kata Ketua Tim Tiga Monitoring PLS dari Dewan Pendidikan Tuban, Suwito Tulus, Selasa (19/7/2016).

Sampai hari kedua PLS digelar, penyelenggaraan dilakukan dan dikendalikan masing-masing sekolah. Keterlibatan OSIS hanya sebatas membantu Bapak dan Ibu Guru, tanpa mempunyai kebijakan membuat kegiatan tersendiri.

"Materi pengenalan sekolah juga sudah mengena. Artinya siswa diberi rincian terkait kondisi sekolah, skema pembelajaran, dan bahkan ada yang langsung mengajak siswa baru untuk berkeliling mengenali setiap sudut sekolah," jelas pria yang juga Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) itu menerangkan.

Untuk memastikan, pengurus OSIS juga ditanya mengenai peran yang diambil dalam pelaksanaan PLS dan juga siswa baru yang menjadi peserta.

Hanya saja, tim pemantau PLS masih merekomendasikan peningkatan administrasi pelaksanaan PLS. Karena ada beberapa sekolah yang tidak meminta surat ijin dari oramg tua siswa uuntuk menjalani PLS tersebut. "Administrasi ini yang harus dilengkapi dan ditingkatkan ke depan," tandasnya. [pur/col]