Jumlah Bus Mudik Tahun Ini Turun Drastis

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dibandingkan dengan tahun 2015, jumlah bus mudik idul fitri tahun ini menurun drastis. Data yang dihimpun blokTuban.com ditahun 2015 jumlah bus mudik mencapai 10354 dan sedangkan di tahun 2016 jumlah bus pemudik hanya mencapai 5204 unit.

Rinciannya rekapitulasi ditahun 2015 dimulai tanggal 2 sampai 27 Juli menghasilkan angka 10354 bus, kemudian di tahun 2016 rekapitulasi mulai dari 27 Juni hingga 13 Juli mencapai 5204 unit bus. Dari rincian tersebut melibatkan kendaraan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan juga kendaraan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Disampaikan Ka.UPTD Terminal Kambang Putih Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban Koesdiono, jika jumlah bus mudik tahun ini menurun lantaran banyak masyarakat perantau yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik tahun 2016. Menurutnya, penurunan kendaraan bus ini sangatlah drastis, jika dihitung dengan kalkulasi prosentase maka bisa mencapai hampir 100 persen.

"Hampir 100 persen perbandingannya tahun lalu dengan tahun sekarang, tahun ini menurun," katanya kepada blokTuban.com

Namun demikian, pihaknya tidak bisa berbuat lebih untuk bisa mmendongkrak jumlah bus mudik ditahun 2016, sebab masyarakat lebih mengetahui cara yang lebih baik dan nyaman untuk pulang kekampung halaman saat lebaran idul fitri.

"Masyarakat perantau lebih tahu saat mudik apakah akan menggunakan kendaraan umum ataukah kendaraan pribadi, untuk tahun ini pemudik banyak yang menggunakan kendaraan pribadi," pungkasnya.[nok/ito]