Dari Sales Batik, Kini Jadi Pengusaha

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berawal dari bekerja sebagai seorang seles batik pada temannya, salah satu warga Kecamatan Kerek ini sekarang menjadi pengusaha Batik Gedog Tulis. Ia adalah Zainal Abidin, yang mengembangkan usaha kerajinan Batik Tulis Gedog sejak tahun 1978.

Awal perjalananya, Zainal sapaan akrabnya, tidak pernah mengira akan berhasil seperti saat ini. Salah satu pengusaha Batik Gedog Tulis ternama di Kabupaten Tuban ini mengawali perjalanan karirnya dengan memasarkan batik milik temannya ke pulau Bali, dan ia selalu menghabiskan dagangan tersebut.

Sehingga, dengan begitu bapak dua anak ini mendapatkan banyak pelanggan di pulau dewata tersebut. Hal itu membuat Zainal memproduksi batik Gedog tulis sendiri. Dan baru terwujud pada tahun 1978, ia membuka usahanya di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

"Keinginan mempunyai usaha sendiri terwujud pada tahun 1978, tepatnya di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek," terang Zainal Abidin, kepada blokTuban.com di toko batiknya.

Dengan modal yang terbatas, pengusaha batik tersebut menerapkan ilmu dan pengalamannya saat menjadi sales, serta saat belajar di Kabupaten Pekalongan dan Solo. Alhasil usahanya tersebut sekarang banyak diminati.

Untuk mempertahankan pelanggan dan agar semakin eksis juga mampu bersaing dengan pengusaha batik yang lain, ia terus meningkatkan kuwalitas batik dan juga pelayanan. "Agar tetap eksis dan diminati konsumen, penting apabila mengerti perkembangan zaman dan memunculkan inovasi-inovasi terbaru sesuai tren yang sedang ramai," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, pengusaha batik itu menyampaikan beberapa poin penting bagi para pengusaha-pengusaha yang baru atau akan merintis suatu usaha, yakni kedisiplinan yang tinggi, tetap belajar terus dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

"Poin itu merupakan sedikit dari pengalaman yang saya terapkan," tandasnya. [hud/rom]