Uji Karbon 14, Kalpataru Diyakini Peninggalan Sunan Bonang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Koleksi masterpiece atau unggulan Museum Kabang Putih Tuban, Kalpataru sebelumnya telah dilakukan uji karbon 14. Dimana dari uji coba tersebut diyakini, kalpataru adalah benda peninggalan dan dibuat pada masa hidup Sunan Bonang.

"Ini (kalpataru) sudah di tes karbon 14 atau C 14. Uji coba untuk menentukan umur pasti atau kronologi absolut benda atau koleksi cagar budaya," kata Kepala Bimbingan Edukatif Museum Kambang Putih, Rony Firman Firdaus kepada blokTuban.com.

Uji coba karbon, masih kata Rony, pernah dilakukan di Beta Analytic Radical Foundation Laboratory yang berada di Miami-Florida, USA.

"Angka tahun yang keluar yaitu 1.445 - 1.525, artinya kalpataru dibuat saat Suna Bonang masih hidup. Karena kematian sang wali diperkirakan pada tahun 1.525," ungkap Rony.

Hingga saat ini, Kalpataru masih tersimpan utuh di dalam museum daerah kota Tuban. Penyimpanan koleksi pula dilakukan dengan apik, Kalpataru disimpan dalam vitrin atau lemari khusus menyimpan benda bersejarah dan didukung penerangan yang memadai. [dwi/rom]