Kapolres Himbau Masyarakat Cek Keadaan Rumah Saat Mudik

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kaspolres Tuban Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, menghimbau kepada seluruh masyarakat Tuban agar mengecek keadaan rumah sebelum ditinggal mudik. Hal itu dilakukan agar kondisi rumah pemudik bisa dipastikan aman saat ditinggal pulang ke kampung halamannya.

"Masyarakat harus memastikan kondisi rumahnya aman, terkunci, matikan lsitrik, saluran air dan pastikan kompor gas elpiji aman," ujar Fadly Samad kepada blokTuban.com

Kapolres kelahiran asal Makasar Sulawesi Selatan itu mejelaskan, kewaspadaan terhadap keamanan rumah perlu diperhatikan warga saat mudik. Dari hal terkecil itulah bisa mengakibatkan hal yang besar, sepertyi kebakaran akibat arus pendek ataupun elpiji dan juga pencurian akibat kelalaian mengunci rumah.

"Jadi pastikan keadaan rumah benar-benar aman saat ditinggl mudik," ujar pria berpangkat dua melati dipundak tersebut.

Sealin langkah tersebut harus dilakukan pemudik, anggota kepolisian juga melakukan langkah inovatif dengan melibatkan babinkamtibmas agar bekerja sama dengan Rukun Tetangga (RT) untuk mendata warganya yang melakukan mudik. Kemudian dilakukanlah patroli bagi warga yang telah meninggalkan rumahya sebagai bentuk perwujudan pengamanan di masyarakat.

"Kita juga melakukan langkah itu, jadi saya mengharap keaktifan babinkamtibmas untuk terus berkordinasi dengan RT untuk mewujudkan Tuban yang aman," pungkasnya.[nok/ito]