Api Flare JOB Membesar dan Keluarkan Asap Hitam

Reporter: Dwi Rahayu/Edy Purnomo

blokTuban.com - Api flare dari Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) di sumur Mudi, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, diketahui bermasalah hari ini, Rabu (29/6/2016).

Kepala Desa (Kades) Rahayu, Sukisno, menjelaskan kalau flare JOB PPEJ dari PAD A, sebelah selatan balai desa mengeluarkan api yang tidak seperti biasa. Api sempat membesar disertai asap warna hitam pekat. Warga sempat panik karena takut membahayakan keselamatan mereka.

"Kejadian sekitar pukul 08.30 sampai dengan 10.00 pagi ini," jelas Sukisno kepada blokTuban.com, Rabu (29/6/2016).

Sukisno mengatakan, api sempat mengganggu area persawahan dan pemukiman warga. Beberapa warga sempat langsung melakukan respon, dengan menyegel pintu masuk area kantor JOB PPEJ di desa tersebut. Pemerintah desa menunggu perusahaan memberikan klarifikasi mengenai kejadian ini.

Dikonfirmasi, Field Admint Superintendant JOB PPEJ, Akbar Pradima, membenarkan ada masalah dengan flare saat ini. "Betul pak, ini kondisi emergency," kata Akbar kepada blokTuban.com.

Tetapi, permasalahan tersebut sekarang sudah bisa diatasi dan keadaan sudah kondusif. Dia katakan kalau saat itu tim operasional sedang melakukan perbaikan sehingga api flare membesar dibanding biasanya.

"Tetapi sekarang sudah stabil," jelas Akbar. [dwi/pur/ito]

 

Foto: Dari bloKers