BKSDA Diminta Amankan Buaya Kali Kening

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, mengaku sudah meminta kepada Kapolsek Jatirogo, supaya muasal keberadaan buaya di Kali Kening yang ditemukan warga Dusun Muruni, Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, diselidiki.

Ada kabar, kalau buaya tersebut merupakan milik salah satu pengusaha di Jatirogo. Tetapi, kabar tersebut masih simpang siur dan belum bisa dipastikan kebenarannya. "Polsek sudah diminta melakukan penelusuran, apakah buaya tersebut ada pemiliknya apa enggak?" kata Fadly Samad, kepada blokTuban.com, Selasa (28/6/2016.)

Diketahui, warga Dusun Muruni menemukan buaya dengan panjang sekitar 1,8 meter. Buaya tersebut ditemukan beberapa hari setelah kali kening meluap dan membanjiri beberapa kecamatan. Seperti Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Kenduruan, Kecamatan Bangilan, dan Kecamatan Singgahan.

Dikatakan, selain melakukan penelusuran, petugas juga meminta kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur untuk mengamankan buaya tersebut. Agar hidupnya bisa terselamatkan dan juga tidak membahayakan warga.

Sebelumnya, warga di Dusun Muruni, Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dihebohkan dengan adanya buaya yang ditemukan di kali kening, Jumat (24/6/2016). Buaya tersebut ditemukan seorang warga bernama Darko, yang kemudian bersama beberapa warga lain memutuskan untuk menyusuri di sepanjang bantaran Kali Kening desa setempat. Usahanya tidak sia-sia, buaya yang panjangnya 180 CM tersebut bisa ditangkap. [pur/rom]