Mau Urus SIM? Latihan Dulu di Polsek Rengel

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kabar gembira bagi warga di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, karena mulai sore ini, Senin (27/6/2016), tempat latihan uji praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) resmi dibuka di Polsek Rengel.

Wahana latihan tersebut, berada tepat di depan Mapolsek Rengel. Sebelum berniat mengurus SIM, bisa meminta bantuan petugas Polsek Rengel untuk berlatih ujian SIM. Baik itu sekadar teori, ataupun praktik langsung di lapangan.

"Latihan uji praktik SIM ini kita sediakan untuk warga masyarakat di Kecamatan Rengel," jelas Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bachtiar.

Dia jelaskan, sering mendengar keluhan masyarakat usai mengikuti praktik SIM yang sesungguhnya. Sering warga tidak lolos, dan harus bolak-balik antara Rengel dengan Polres Tuban. Padahal, jarak yang ditempuh cukup jauh dan bisa memakan waktu sampai satu jam.

"Setelah kami teliti ternyata banyak warga yang tidak siap ketika praktik SIM di Polres. Baik secara teori ataupun praktik," kata Musa.

Untuk itulah, Musa berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang disiapkan Polsek Rengel supaya bisa berlatih dulu, sebelum mengikuti ujian SIM yang sesungguhnya.

Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, menjelaskan kalau membuat latihan uji SIM merupakan terobosan kreatif yang dilakukan anggota Polsek Rengel, setelah memperhatikan aspirasi dari warga. Dengan begitu, dia berharap masyarakat yang sebelumnya berlatih bisa lebih lancar ketika menjalankan tes yang sesungguhnya.

"Harapan bisa membangun sinergitas masyarakat untuk tertib berlalu lintas, karena 70 persen kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor manusia," tandas Fadly, usai membuka wahana latihan uji praktik SIM di Polsek Rengel. [pur/col]