Sumur Sumber Merak Urak Belum Bisa Dieksplorasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sumur Sumber yang berada di Desa Sambonggede, Kecamatan Merak Urak belum bisa dilakukan eksplorasi. Sebab, sumur yang terkandung energi gas tersebut masih perlu beberapa penyesuaian teknis operasional lapangan serta beberapa tahapan marketing yang harus diperhitungkan.

Menurut Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabal Nusa) Ali Masyar, untuk Sumur Sumber Merak Urak belum bisa dipastikan kapan akan memulai eksplorasi. Karena, Sumur yang terdapat energi gas tersebut membutuhkan persiapan waktu yang cukup lama jika akan beroperasi, mulai dari pemasangan pipa bawah tanah dan hal teknis lainnya. Selain itu, yang perlu dipikirkan lagi adalah pemasarannya.

"Energi gas itu susah marketnya, berbeda dengan minyak," tutur Ali.


Selanjutnya Ali menjelaskan, perbedaan antara minyak dan gas adalah dalam ranah pemasaran. Jika Minyak tanpa mencari pembeli pasti akan datang sendiri pembelinya, namun itu tidak berlaku bagi Gas. Gas harus mencari pembeli terlebih dahulu sebelum dieksplorasi, pola market ini sudah berbeda. Itulah salah satu alasan belum dieksplorasinya Sumur Sumber.

"Kita belum mengetahui dengan pasti kapan Sumur Sumber bisa eksplorasi, masih banyak yang perlu dikaji dan dipertimbangkan," pungkasnya.[nok/col]