Puncak Festival Tongklek, Angkat Tiga Juara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Festival tongklek yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kabupaten Tuban, Jumat (24/6/2016) bertempat di Alun-alun telah berakhir. Puncak acara adalah penobatan penampilan terbaik yang disuguhkan oleh peserta tongklek.

Ketua PC IPNU Kabupaten Tuban, Ahmad Nur Falahuddin Ubaidillah mengatakan, akhir dari pelaksanaan festival tongklek adalah pemberian juara bagi peserta. Ada tiga peserta dari total 50 peserta secara keseluruhan yang dinobatkan menjadi juara 1, 2, dan tiga.

"Juara berasal dari Kecamatan Palang, Plumpang dan Semanding," ungkap Udin, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Selanjutnya Udin menambahkan, bahwa peserta dari Palang bernama 'malem songo' mendapatkan juara 1, sedangkan dari Plumpang bernama 'Rekso Budaya' mendapatkan juara 2, dan yang terakhir dari Semanding nama group 'Mojoagung' dengan meraih juara ke 3.

Untuk juara pertama medapatkan piala, sertifikat dan juga uang binaan sebesar 2 juta, juara kedua juga sama hanya berbeda nilai uang binaan yaitu sebesar 1,5 juta. Begitupun untuk juara ketiga juga sama, hanya berbeda dalam menerima uang binaan yakni sebesar 1 juta.

"Sudah pasti berbeda hadiah yang diberikan untuk juara 1, 2, dan 3. Yang jelas penilaian sesuai dengan keahlian dan ketrampilan yang ditampilkan," pungkasnya.

Diketahui, festival tongklek dimulai pukul 22.00 WIB dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Wiyana, dan berakhir hingga pukul 03.00 WIB keesokan harinya. [nok/mu]