Pedagang Busana Muslim Menjamur

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pedagang kopiah dan busana muslim dadakan mulai menjamur di wilayah Kabupaten Tuban. Pedagang musiman tersebut, tampaknya memanfaatkan momen liburan untuk menjual kopiah, sarung, maupun baju koko.

Pantauan blokTuban.com, pedagang-pedagang dadakan ini selalu terlihat di pusat keramaian kota. Seperti di seputaran alun-alun Tuban, kawasan Gedung Olaharag (GOR) Tuban, maupun jalan-jalan protokal yang ada di dalam kota.

"Modalnya ya hanya gelaran dan gantungan mas, kita jual barang ini lebih murah dibandingkan toko," jelas Nasirul (30), salah satu pedagang kepada blokTuban.com, Sabtu (25/6/2016).

Membeli barang di pedagang dadakan ini, langsung bisa dilakukan proses tawar menawar di tempat. Prosesi yang tentu tidak bisa dilakukan di toko-toko pakaian. Bahkan, pembeli yang pandai menawar, bisa menurunkan harga hampir 50 persen.

"Kalau harga yang ditawarkan sama dengan di toko, tapi kalau di sini bisa ditawar sehingga harganya lebih rendah," kata Muhson, seorang pembeli.

Data harga yang dihimpun blokTuban.com, kopiah bisa didapat dengan harga Rp15 ribu, sarung termurah bisa didapat dengan harga Rp50 ribu, dan baju koko yang bisa didapat dengan harga Rp55 ribu. [pur/ito]