Demi Keamanan, Warga Simpan Benda Berharga di Pegadaian

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memasuki pertengzhan bulan Ramadan, sebagian warga yang hendak mudik memilih mendatangi Kantor PT Pegadaian (Persero) demi keamanan barang berharga milik mereka selama libur Lebaran.

Kebiasaan tersebut lumrah terjadi setiap tahunnya, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dari pada mengambil risiko kehilangan barang berharga, warga lebih memilih menitipkan atau menyimpan barang tersebut ke Pegadaian.

Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Cabang Tuban Eko Ngardiyanto mengatakan memasuki minggu kedua transaksi pegadaian tampak meningkat. Beberapa benda berharga, bagi sebagian warga sengaja mereka simpan dengan nilai gadai relatif kecil.

"Alasan umum mereka karena keamanan. Warga memilih menyimpan sepeda, barang elektronik atau benda antik ke pegadaian supaya aman saat di tinggal pulang kampung," kata Eko menambahkan.

Beberapa benda antik, lanjut Eko seperti bokhor (ember kuno yang terbuat dari kuningan), televisi dan sepeda mulai meramaikan transaksi di pegadaian. "Masyarakat yang mementingkan keamanan tidak menyoal nilai nominal yang didapat," pungkas Eko.[dwi/col]