Barang Jaminan Pegadaian Dominan Perhiasan dan Surat Penting

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Barang jaminan atau agunan kerap dipilih masyarakat guna memperoleh suntikan modal dan materi berupa benda mati bernilai ekonomi. Tidak pelak, perhiasan emas dan surat penting menjadi favorit dijadikan barang jaminan.

Kebutuhan warga akan materi dan modal kian meningkat setiap harinya. Terlebih menjelang lebaran, Kredit Cepat Aman (KCA) kerap menjadi alternatif.

"Pelayanan KCA, biasanya masyarakat memberi agunan berupa perhiasan emas. Sementara kredit mikro berupa Buku Pemilik Kendaraan Bermotot (BPKB)," kata Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Cabang Tuban, Eko Ngardiyanto kepada blokTuban.com, senin (20/6/2016).

Pelayanan kredit dengan sistem gadai, lanjut Eko, diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Akan tetapi, mayoritas nasabah di pegadaian Tuban dari golongan menengah ke bawah.

Nilai tukar atau nominal di pegadaian yang disediakan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. "Nasabah menengah kebawah di Pegadaian cenderung kredit dari Rp150 ribu hingga Rp150 jutaan," pungkas Eko. [dwi/rom]