Di Bangilan, Tiga hektar Sawah Tergenang Lumpur

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dua desa di kecamatan Bangilan, terendam banjir akibat meluapnya volume air dari Kali Kening. Kepala Dinas Pertanian Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Sujadi, mengatakan sebagian tanaman padi di sawah, terancam gagal panen.

“Data awal kami yang baru masuk, yang terbenam parah ada 3 hektare sawah di Desa Kedungjambangan,” kata Sujadi kepada blokTuban.com, Senin (20/6/2016).

Lanjutnya, untuk data area persawahan yang dilalui banjir ada dua desa, yaitu desa Kedungjambangan dan Desa Sidodadi. Kedua wilayah itu merupakan sentra pertanian yang berada di bantaran Kali Kening.

“Yang cukup parah di Desa Kedungjambangan, ada salah satu sawah petani yang 50 persen area pertaniannya terendam lumpur dan bisa gagal panen,” ujar Sujadi.

Hingga kini, untuk wilayah Desa Sidodadi masih aman lahan pertaniannya. Karena air berangsur surut di genangan sawah petani. Kontur tanah yang miring, bisa membantu percepatan surutnya genangan air. "Untuk para petani yang sawahnya masih tergenang, agar membuka pematang sawah untuk pembuangan air," pungkasnya.[rof/ito]