Warga Karanganyar: Ini Banjir Terbesar di Jatirogo

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Banjir melanda sejumlah kecamatan sepanjang bantaran Kali Kening, yang bermuara di Bengawan Solo. Warga Dusun Karanganyar, Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, sendiri menyebut banjir semalam adalah banjir terbesar yang pernah mereka alami.

"Sejarah, karena baru malam tadi banjir besar melanda dusun ini," kata seorang warga, Nur Salim (33), kepada blokTuban.com, Minggu (19/6/2016).

Nur Salim mengatakan, biasanya ketika Kali Kening meluap air hanya sampai di jalan lingkungan dan tidak sampai masuk di permukiman warga. Tetapi malam tadi, ada sekitar empat rumah yang penghuninya terpaksa mengungsi karena ketinggian air mencapai lebih dari satu meter.

Salah satu pemilik rumah, Kusnadi (40), juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, banjir malam tadi terbesar di Dusun Karanganyar. Pengusaha percetakan tersebut bercerita, hujan deras terjadi di Jatirogo mulai Sabtu (19/6/2016) siang kemarin. Air mulai masuk menjelang buka puasa setinggi mata kaki. Tetapi hanya dalam waktu satu jam, ketinggian air terus meningkat dan sampai lebih dari satu meter.

"Saya memikirkan nyawa keluarga dan langsung diungsikan, jadi perabotan semua tidak sempat menyelamatkan. Termasuk kulkas dan laptop saya," kata Kusnadi.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Air diketahui surut mulai dini hari tadi dan menyisakan lumpur yang di mana-mana. [pur/col]