Setahun, Petani Montong Panen Kacang Tanah 10.500 Ton

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selain padi dan jagung sebagai tanaman pokok petani yang ada di Kecamatan Montong, tanaman kacang tanah juga menjadi produk unggulan pertanian setempat. Dalam setahun, petani Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mampu memproduksi kacang Tanah hingga 10.500 ton.

Hal itu dengan luasan areal pertahun-nya yang mencapai hingga kurang lebih 3500 hektar, dengan rincian 3100 hektare untuk lahan yang ditanami kacang tanah di ladang, dan 400 hektare untuk lahan yang ditanami kacang tanah di persawahan.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, tanaman kacang tanah milik petani di Kecamatan Montong rata-rata panen hingga 3 ton perhektarnya.

"Tanaman kacang tanah di Kecamatan Montong banyak yang dilakukan di ladang, hal itu dikarenakan petani menanam tanaman kacang tanah setelah tanaman jagung, seperti halnya dipersil yang ditanamai kacang tanah, apabila telah selesai panen jagung," ungkap Sunarto, POPT PHP Montong, kepada blokTuban.com, Selasa (14/6/2016).

Sedangkan untuk tanaman kacang tanah yang dilakukan di persawahan, merupakan tanaman yang ketiga kalinya setelah tanaman padi yang kedua panen.

Setiap kali panen kacang tanah, harga tidak bisa stabil, sehingga keuntungan besar didapat petani apabila harga kacang tanah tinggi. "Panen kacang tanah di kawasan Kecamatan Montong kebanyakan dikirim ke luar provinsi, yakni sampai di Jawa Tengah," tambahnya. [hud/rom]