Waspada Makanan Rusak dan Kadaluarsa

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, meminta masyarakat mewaspadai keberadaan makanan berbahaya bagi keluarga. Sebabnya, ketika bulan Ramadan rentan dimanfaatkan oknum tertentu untuk menjual makanan yang tidak layak konsumsi.

Makanan yang tidak layak konsumsi, biasanya sudah rusak dan memasuki masa kadaluarsa. Untuk itu, Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi, meminta agar masyarakat lebih jeli memilih makanan ketika berbelanja.

"Ketika Ramadan banyak makanan yang beredar, untuk itulah kita harus jeli supaya tidak terjebak membeli makanan yang sudah rusak ataupun kadaluarsa," kata Saiful Hadi, Senin (13/6/2016).

Kekhawatiran itu muncul, karena razia yang sempat digelar Dinas Perekonomian dan Pariwisata dan Dinkes Tuban di sejumlah lokasi belanja Tuban, masih menemukan keberadaan makanan tidak layak konsumsi. Terutama makanan yang sudah kadaluarsa. Terbanyak adalah berbentuk makanan curah yang terkadang di kemasannya tidak tercantum tanggal kadaluarsa.

"Yang perlu diwaspadai adalah kadaluarsa ataupun kemasan makanan yang rusak. Karena kalau kemasaran rusak rentan bakteri yang masuk ke makanan," kata Saiful. [pur/rom]