Jika Siswa Ketahuan Tidak Berpuasa, Akan Dihukum

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dalam memasuki bulan suci Ramadan, tidak sedikit siswa yang enggan untuk menjalankan ibadah puasa. Sebab, kerap kali dijumpai sekelompok siswa memakai seragam sedang merokok di jalan ataupun di warung saat jam aktif berpuasa. Dalam hal ini, tentu peran Dinas Pendidikan sangat diperlukan untuk membentuk moral siswa agar lebih baik di bulan suci ini.

Kabid Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Nur Khamid menyatakan, setiap sekolah sudah mempunyai kebijakan masing-masing dalam memberikan arahan kepada para siswa yang beragama muslim untuk menjalankan ibadah puasa.

"Arahan itu berdasarkan dari Disdikpora tentunya, siswa yang berkedapatan tidak berpuasa tanpa alasan jelas maka akan dihukum oleh sekolahnya," ujar mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Soko kepada blokTuban.com.

Menurutnya, tindakan tersebut diambil karena untuk membentuk moral siswa siswi agar semakin baik, dengan slogan Kabupaten Tuban sebagai Bumi Wali maka sudah sepatutnya perilaku siswa mencerminkan ukuwah islamiyah.

"Soal hukumannya apa itu tergantung sekolah masing-masing, yang pasti tujuannya itu mendidik lebih baik," pungkasnya.[nok/ito]