USAID dan TB Cepat LKNU Silaturrohim ke Bumi Wali

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Silaturrohim rombongan USAID dan Tuberculosis (TB) Comunity Impoverment Of People Against Tubarculosis (Cepat) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Pusat di Bumi Wali Tuban diselenggarakan di Pendopo Kantor Kecamatan Kerek, Kamis (9/6/2016)

Silaturrohim rombongan USAID dan TB Cepat LKNU Pusat, dihadiri oleh Ketua LKNU pertama Dr. Syahrizal Syarif, Ketua LKNU Miftahul Munir sekaligus Ketua STIKES, Dr. Alya dari USAID Efti Febriani COP Cepat, Camat Kerek Rohman Ubaid dan puluhan Kader Cepat LKNU.

Dalam rangkaian acara tersebut para kader yang terdiri dari perempuan dan laki-laki, sekaligus semua undangan termasuk dari Puskesmas Kerek diberikan waktu konsultasi, atau tanya jawab dengan rombongan USAID dan COP Cepat.

Ketua panitia kegiatan, Mutakin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menemukan orang yang terduga terkena penyakit Tuberculosis (TB). Karena penyakit tersebut persentase penularanya lebih tinggi dibandingkan dengan HIV AIDS dan penyakit-penyakit lainnya.

"Jadi penyakit Tuberculosis merupakan penyakit yang sangat mudah menular dibandingkan dengan penyakit-penyakit yang lain," kata Mutakin kepada blokTuban.com.

Untuk ke depanya para kader diharapkan secara mandiri bisa menemukan suspect atau orang yang terduga terkena penyakit TB tanpa dukungan dari USAID.

Diketahui selain di Kecamatan Kerek, kegiatan ini telah dilakukan di beberapa kecamatan, "Di antaranya Kecamatan Tuban, Jenu, Plumpang, Soko dan Semanding," pungkasnya.[hud/col]