Silpa Murni 2015 Sebesar 160 Miliar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Murni, Kabupaten Tuban di tahun 2015 adalah 160 miliar. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

Jika sebelumnya dalam Laporan Kegiatan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dengan DPRD diakhir paripruna tahun 2015, terdapat Silpa sebanyak 290 miliar, namun wabup menjelaskan detail Silpa tersebut.

"Silpa Murni itu sebanyak 160 miliar, yang 130 itu sisa sertifikasi guru yang tidak dibayarkan," ujar pria kelahiran Rengel itu pada Rabu, (8/7/2016) di Gedung DPRD.

Dia menerangkan, dari 160 miliar itu rata-rata tidak terserap dikarenakan terdapat Juklak dan Juknis yang tiba-tiba berubah, akhirnya tidak digunakan, karena berbenturan dengan aturan diatasnya. Namun, untuk yang 130 miliar berkaitan dengan sertifikasi memang ada data lama yang belum dibereskan, sehingga masuk Silpa.

"Ada guru yang sudah pensiun namun tidak diperbarui datanya, sehingga masih tercantum didalam sertifikasi, kedepannya hal semacam ini akan menjadi koreksi agar tidak banyak Silpa yang tidak terserap," pungkasnya. [nok/rom]