Doa Mbah Sajinah di Polsek Rengel

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Wajah Mbah Sajinah (80), warga Desa Lohgawe, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, terlihat pucat. Bintik keringat dingin yang dia seka, tak kunjung membuat badannya membaik. Tenaga tuanya terasa melemah, tapi tidak begitu dengan semangat. Sisa tenaga yang ada, Dia buat menapak langkah demi langkah. Demi mendatangi Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Rengel yang berjarak satu kilomeer.

"Saya ingin menemui, Cucu," begitu kata Mbah Sajinah, menyebut para anggota Polsek Rengel. Sisa tenaga yang dia punya, habis tanpa sisa ketika mulai masuk di halaman Mapolsek Rengel. Tubuh rentanya mulai ambruk, beruntung seorang anggota Polisi mengetahui dan langsung membopongnya ke tempat acara. Meski dengan susah payah, akhirnya Mbah Sajinah bisa hadir di HUT Bhayangkara ke 70 yang dikemas dalam Polres Tuban Berbagi.

"Sebenarnya kita sudah meminta Mbah Sajinah di rumah saja, biar kami (Polisi) yang mendatangi. Tapi beliau yang bersikeras bisa hadir di acara kami," kata Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bachtiar, kepada blokTuban.com, Senin (6/6/2016).

Mbah Sajinah, yang tergolong orang biasa tersebut, serasa orang tua bagi anggota Polsek Rengel. Beberapa anggota tampak antusias merangkul dan mencium tangannya. Mbah Sajinah tampak lebih sering bergumam mendoakan. Perlakuan sama juga dilakukan untuk para Lansia lain yang juga hadir ditempat tersebut. Selain Lansia, tampak juga beberapa anak yatim di sekitar Polsek Rengel yang diundang.

Petugas menganggap, kedatangan Mbah Sajinah dan lainnya, merupakan bentuk kecintaan kepada anggota kepolisian. Dengan khusu', mereka akhirnya saling mendoakan.

"Intinya di acara kita meminta doa kepada anak yatim dan Lansia, semoga di bulan Ramadan diberi keberkahan dan kelancaran ketika menjalankan tugas," kata Musa.

Di acara HUT Bhayangkara ke 70 yang dikemas dalam Polres Tuban Berbagi, anggota membagikan sejumlah bahan pokok keda anak yatim dan orang tidak mampu. Bantuan tidak hanya diberikan di Mapolsek Rengel, tetapi juga diantarkan langsung ke rumah-rumah warga yang sudah tidak mampu berangkat ke Polsek Rengel. [pur/ito]