Yes...Ada Samsat Mider di Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Bagi Anda warga masyarakat Tuban, sekarang bisa menikmati layanan kemudahan ketika berkeinginan membayar pajak kendaraan bermotor. Mulai Jumat (4/6/2016) kemarin, masyarakat bisa memanggil petugas dari Samsat ke rumah untuk membayar pajak.
 
Caranya mudah, masyarakat bisa menelpon ke Kantor Layanan Samsat, dan petugas akan mendatangi lokasi yang diminta masyarakat. Syaratnya, minimal ada lima orang yang juga ingin melakukan pembayaran pajak di lingkungan sama.
 
Jajaran Polres Tuban menyebut, inovasi tersebut sebagai layanan “Samsat Mider”. Kata Mider, menurut orang Tuban adalah kata lain dari keliling. Biasanya lebih kental dengan pedagang yang berkeliling menggunakan sepeda. Jadi, dengan layanan ini akan ada petugas dari Samsat yang akan berkeliling untuk melayani masyarakat Tuban.
 
“Kita menggunakan kata Mider ini, biar lebih mudah dipahami masyarakat,” jelas Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, Sabtu (04/6/2016).
 
Sementara ini, disediakan dua sepeda motor sebagai transportasi petugas dari Dinas Pendapatan dan Polres Tuban. Mereka akan langsung datang setiap ada panggilan, kemudian melakukan verifikasi data langsung di lokasi. Apabila cocok, maka pembayaran langsung bisa dilakukan ditempat dan masyarakat langsung menerima bukti pembayaran resmi.
 
“Tidak ada biaya tambahan untuk layanan ini, petugas juga akan melakukan pelayanan sampai ke pelosok desa,” tandas Fadly. [pur/ito]