Pembangunan TSC Terkendala Anggaran Besar

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Impian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban membangun pusat olahraga, Tuban Sport Center (TSC), tampaknya masih jauh dari panggang api. Sampai sekarang, sumber dana yang bersedia membantu pembangunan TSC masih terlalu kecil, dibandingkan dengan proyeksi kebutuhan dana secara keseluruhan.

TSC, rencananya akan dibuat di atas lahan seluas 10 hektar. Terletak di Dusun Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Proyek ini diperkirakan menelan anggaran sampai Rp300 milyar.

"Kendala utama pembangunan TSC memang di dana, saat ini baru PT Holcim yang bersedia menyumbang dana sebesar 2 milyar," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Sutrisno, Rabu (1/6/2016).

Proyek TSC sendiri, sudah menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tuban sebesar Rp 2 milyar, yang dipergunakan untuk pembebasan lahan di pintu masuk, dan juga pengurukan dan perbaikan kualitas tanah. Rencananya, kata Sutrisno, anggaran ini juga akan ditambah pada Perubahan APBD tahun 2016.

Kendati demikian, Pemkab Tuban berkeras proyek tersebut harus dijalankan, maksimal sampai lima tahun kepemimpinan Bupati Tuban, Fathul Huda kedepan. Mereka akan lebih intens menjalin komunikasi dengan semua perusahaan di Tuban, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, maupun dengan pemerintah pusat.

"Kita juga sudah mengajukan proposal bantuan dana ke Kementerian Pemuda dan Olahraga senilai Rp 30 milyar," jelas Sutrisno. [pur/rom]