Dispertan Target Luas Tanam Padi Meningkat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Luas tanam padi Kabupaten Tuban pada tahun 2015 mencapai 90 ribu hektar. Dari luas tersebut, saat panen per hektarnya mencapai 62 kuintal.

Berkaitan dengan swasembada pangan yang merupakan program pemerintah pusat, Dinas pertanian akan melakukan perluasan luas tanam untuk meningkatkan produksi padi di tahun ini, agar mampu meningkatkan hasil panen.

Kabid tanam pangan dan holtikultura, Dinas Pertanian (Dispertan), Suparno, menyatakan akan menambah luasan tanam padi di Kabupaten Tuban. Luasan tanam dilakukan untuk menunjang produksi padi agar semakin meningkat, sehingga makin nyata wujud dari swasembada itu.

"Sebelumnya, luas tanam 90 ribu hektar, namun akan ditambah luasnya menjadi 95 ribu hektar," ujar Suparno, kepada blokTuban.com.

Menurutnya, perluasan itu sangat penting dilakukan, karena berkaitan dengan program pemerintah yang menggagas swasembada beras, jadi ini adalah upaya untuk menselaraskan atau mensinergikan sesuai dengan program pemerintah pusat.

"Belum pasti targetnya kapan, sebab kita juga ada pembangunan yang berkaitan dengan penunjang swasembada pangan lainnya, seperti pembangunan waduk atau bendungan," pungkasnya. [nok/rom]