Reporter: Edy Purnomo
 
blokTuban.com - Operasi Patuh, yang digelar Polres Tuban akan menyasar sedikitnya 29 titik. Operasi lalu lintas itu, akan dilaksanakan sampai tanggal 29 Mei 2016 mendatang.
 
"Sasarannya adalah semua wilayah Kabupaten Tuban," terang Kabag Ops Polres Tuban, Komisaris Polisi (Kompol) Hendry Soelistiawan, kepada blokTuban.com, Kamis (26/5/2016).
 
Meski tidak disebutkan tempatnya, Hendry, mengatakan kalau titik operasi adalah wilayah yang disinyalir masih banyak pelanggaran. Di Tuban sendiri, rata-rata pelanggaran adalah tidak lengkapnya surat kendaraan, juga kelengkapan lain selama berkendara.
 
Petugas berharap, operasi patuh bisa menekan angka pelanggaran berlalu lintas. Yang selama ini, lebih banyak dilakukan usia remaja dan pelajar. Selain itu, petugas juga menghimbau agar orang tua ikut mengawasi anak-anaknya.
 
"Kalau sesuai aturan belum punya SIM kan ya tidak boleh, makanya kalau ada yang kecelakaan kita panggil orang tuanya," kata Hendry, menanggapi banyaknya anak bawah dan pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor.
 
Sebelumnya, operasi patuh yang digelar hari ini di bundaran Patung Letda Soetjipto, Tuban, petugas menindak 98 pengendara, dengan rincian 91 karena STNK dan 7 karena tidak mempunyai SIM. Tujuan operasi digelar, untuk mencipatakan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Razia akan digelar di beberapa titik sampai tanggal 29 Mei 2016 mendatang. [pur/col]