Warga Bawa Berbagai Macam Jajanan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tradisi Sedekah Bumi atau mangangan memang masih kental, dan masih terus dilestarikan dipedesaan, seperti halnya di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Sedekah bumi ini dilakukan setiap tahun
tepat pada hari rabu kliwon, dengan rangkaian acara doa bersama dan berbagi makanan dan jajanan. Hal itu dikarenakan bahwa Sedekah Bumi merupakan wujud syukur kepada yang maha kuasa atas nikmat yang diberikan.

"Para warga sangat antusias, begitu juga mereka berbondong-bondong membawa makanan (Berkat)," ujar Modin desa setempat, Yusup Kepada blokTuban.com, Rabu (25/5/2016).

Sedekah Bumi ini diselenggarakan habis masa panen, dengan tempat yang dituju adalah punden dan sumber mata air. Di Desa Banyubang sedekah dilakukan di empat titik, setelah di Punden (Watu Celeng) sedekah bumi dilanjutkan di Sumur Tua (Sumur Jaran) setelah itu dilakukan disendang desa tersebut.

Setelah itu sedekah bumi ini diteruskan dengan Kesenian Tayub yang dimulai siang hari hingga besok. "Kesenian tayub merupakan acara puncak sekaligus acara penutup setelah berlangsungnya rangkaian acara," pungakas Yusup yang sedang memimpin doa.[hud/ito]