Siswa Hafal Alquran Bisa Masuk SMPN-SMAN Jalur Khusus

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pelajar hafal Alquran, meski baru beberapa juz, mendapatkan kemudahan memilih mendaftar Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau pun Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban. Aturan detailnya, pelajar yang hafal minimal 3 juz Alquran, bisa diterima di SMP Negeri mana pun yang dia suka tanpa ikut tes. Sementara pelajar yang hafal minimal 5 juZ Alquran, bisa memilih SMA/SMK Negeri mana pun yang dia suka tanpa mengikuti tes.

Kepala Bidang (Kabid) SMP/SMA/SMK di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Nur Khamid, mengatakan penghafal Al-Qur'an bisa masuk di jalur khusus. Sama dengan siswa yang mempunyai prestasi akademik, juga siswa yang mempunyai prestasi di bidang olahraga. Meski tidak ada tes, tapi mereka tetap harus melengkapi berkas administrasi, seperti ijazah dari lembaga pendidikan sebelumnya.

"Ini sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 2 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Tuban," jelas Nur Khamid melalui ponselnya, Selasa (24/5/2016).

Kebijakan ini sudah dilakukan beberapa tahun. Sekarang adalah tahun ketiga. Tidak ada pembatasan kuota pendaftaran bagi siswa yang masuk melalui jalur khusus, sehingga berapa pun jumlahnya akan tetap diterima di sekolah negeri.

Kepala Disdikpora Tuban, Sutrisno, membenarkan kalau siswa hafal Alquran bisa mendaftar melalui jalur khusus. Bahkan, mereka juga bisa memilih sekolah-sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Tuban. "Masuk SMP minimal 3 juz, kemudian untuk SMA dan SMK minimal 5 juz. Bisa diterima di sekolah negeri mana pun," jelas Sutrisno. [pur/col]

Ilustrasi: www.merdeka.com