RSUD Tuban Canangkan Miliki Trauma Centre

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Keosma yang berada di bawah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dicanangkan akan memiliki trauma centre dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan menyusul meningkatnya kasus kecelakaan di kebupaten setempat.

Sebagaimana diketahui, peristiwa kecelakaan (laka) lalu lintas di Tuban cukup memprihatinkan. Data litbang blokTuban.com selama catur wulan pertama 2016 tercatat 478 kasus laka.

"Sebab Tuban kasus memiliki kecelakaan tinggi, pelayanan fokus untuk kejadian trauma," kata Direktur RSUD dr R Koesma, Zainul Arifin, Selasa (24/5/2016).

Untuk trauma centre, lanjut Zainul akan ada pelayanan berbasis trauma. Penanganan trauma korban kecelakaan atau pun kasus lainnya dapat tertangani dengan maksimal di trauma centre tersebut.

"Tenaga medis semakin lama semakin masuk ke Tuban. Trauma centre terdiri dari dokter ortopedi ada dua, dokter anestesi ada dua, bedah saraf ada dua dan saraf ada satu," kata Zainul menambahkan.

Selain itu, masih kata Zainul, tahun ini akan dioperasikan dua Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk trauma dan pelayanan obstetri neonatus esensial dasar (Poned). [dwi/col]