Peternak Kambing "PE", Mulai Siapkan Kambing Unggul Untuk Qurban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski Hari Raya Idul Adha atau qurban masih lama, peternak kambing Peranakan Etawa (PE) yang berada di Dusun Kerok, Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mulai siapkan Kambing unggul.

Kambing-kambing tersebut disiapkan dengan perawatan maksimal, mulai dari pemberian pakan dan juga kebersihan kambing maupun kandang yang dilakukan dengan rutin.

"Tahun kemarin saat hari raya qurban bisa menjual 10 sampai 15 ekor kambing, tahun ini diharapkan bisa lebih," ungkap Kukuh Purnama kepada blokTuban.com.

Peternakan yang sudah digeluti sejak kurang lebih tiga tahun yang dulu dititipkan di kandang warga tersebut, saat ini telah memiliki kandang yang menampung kurang lebih 24 ekor kambing. "Sekarang tinggal 24 ekor mas, kemarin banyak yang dijual," sambungnya.

Kambing yang disiapkan tersebut selain dibeli dari pasar, pemilik peternakan juga menyiapkan kambing dari hasil peranakan milik sendiri. Dikarenakan pembeli atau pemesan kambing saat menjelang hari raya qurban selain dari wilayah sekitar Kabupaten Tuban sendiri juga dari Kabupaten Bojonegoro.

"Kemarin dari Kabupaten Bojonegoro juga pesan kambing dari sini," pungkas Kukuh.

Untuk harga kambing yang telah layak untuk dijadikan qurban tahun kemarin, antara lain harga Rp2,5 juta sampai Rp3,5 juta.[hud/ito]